Pegas
MacPERSON
TUJUAN
1.
Siswa dapat menganalisa kerusakan pada
system SUSPENSI
2.
Siswa dapat mengetahui cara kerja SUSPENSI
3.
Siswa dapat mengetahui komponen pada
system SUSPENSI
4.
Siswa dapat menggunakan alat ukur
dengan baik dan benar
5.
Siswa dapat memperbaiki kerusakan pada
system SUSPENSI
PENGERTIAN
& RAGAM
Sistem suspensi kendaraan terletak
di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi
yaitu :
- Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid)
- Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas.
- Sistem suspensi macperson
Sistem suspensi Independen
Roda
dalam satu poros dihubungkan dengan poros kaku (rigid), poros kaku
tersebut dihubungkan ke bodi dengan menggunakan pegas, peredam kejut dan lengan
kontrol (control arm)
Awalnya
semua kendaraan menggunakan sistem ini. Sampai sekarang sebagian besar
kendaraan berat seperti truck, masih menggunakan sistem ini, sedangkan
kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda belakang.
Antara
roda dalam satu poros tidak terhubung secara langsung, masing-masing roda (roda
kiri dan kanan) terhubung ke bodi atau rangka dengan lengan suspensi (suspension
arm), pegas dan peredam kejut. Goncangan atau getaran pada salah satu roda
tidak memengaruhi roda yang lain.
Umumnya
kendaraan penumpang menggunakan sistem ini pada semua poros rodanya, sedangkan
kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda depan sedangkan pada
poros roda belakang menggunakan sistem suspensi dependen pada poros roda
belakang. Tipe MacPherson strut dan double-wishbone termasuk dalam jenis sistem
ini.
KOMPONEN
Pegas
Dengan
sifat pegas yang elastis, pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan
roda akibat dari kondisi jalan yang dilalui dengan tujuan agar getaran atau
goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan. Biasanya
shock absorber hanya memiliki seal dan membutuhkan oli untuk bekerjanya, dan
rangka asli dari pegas ialah besi elastis
Beberapa tipe pegas yang digunakan
pada sistem suspensi :
- Pegas ulir (coil spring), dikenal juga dengan nama 'per keong', jenis yang digunakan adalah pegas ulir tekan atau pegas ulir untuk menerima beban tekan.
- Pegas Mac person merupakan pegas yang memiiliki struktur besar, pada umumnya pegas ini dapat dibongkar untuk diperbaiki.
- Pegas daun (leaf spring), umumnya digunakan pada kendaraan berat atau niaga dengan sistem suspensi dependen.
- Pegas puntir atau dikenal dengan nama pegas batang torsi (torsion bar spring), umumnya digunakan pada kendaraan dengan beban tidak terlalu berat.
Peredam
kejut
Peredam kejut berfungsi untuk
meredam beban kejut atau goncangan atau getaran yang diterima pegas.
Lengan
suspensi
Lengan
suspensi atau suspension arm hanya terdapat pada sistem suspensi
dependen, terpasang pada bodi atau rangka kendaraan, berfungsi untuk memegang
rangka roda kendaraan. Pergerakan yang komplek pada roda agar dapat sinkron
dengan pergerakan pergerakan lengan suspensi maka terdapat ball joint
pada pengikatan lengan suspensi dengan rangka roda.
ALAT
DAN BAHAN
Pada saat
melakukan pembongkaran system kopling kita wajib menguasai bahan serta
mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan pembongkaran, alat
yang digunakan dalam membongkar kopling sebagai berikut:
®
TOOL SHEET
®
MICROMETER
®
DIAL GAUGE
®
MAJUN
®
JANGKA SORONG
®
WADAH
®
OLI
®
GREESE
®
SST PENGEPRESS PEGAS
KESELAMATAN
KERJA
- Perhatikan sebelum pembongkaran dan jangan lupa memberi tanda pembongkaran
- Gunakanlah selalu pakaian praktek saat melakukan pekerjaan
- Gunakanlah alat sesuai dengan fungsinya
- Letakanlah komponen di tempat yang aman
- Rapikanlah selalu tempat kerja
- Serius dan berhati hatilah dalam bekerja
LANGKAH
KERJA
PEMBONGKARAN
Yang
dilakukan pada saat praktek adalah pembongakran pegas macperson yang sudah
terlepas terlebih dulu dari cabin mobil, maka saya akan melanjutkan
pembngkaran, pemeriksaaan dan pemasangannya, Pembongkaran pegas yaitu
o Untuk membongkar pegas, pertama tekan
coil spring
o Keluarkan upper dust cover dari
insulator
o Lepaskan self locking nut
o Keluarkan insulator, spring seat,
spacer, bump stopper, dust cover, dancoil spring dari strut, gambar dibawah (INSULATOR)
o Lepaskan oil assembly, keadaan oil
assembly, MASIH BAGUS
o Keluarkan shock absorber fluid
o Lepaskan o ring
o Tarik piston perlahan lahan
o Lepaskan piston guide dari piston rod, MASIH BAGUS
o Lepaskan silinder dari strut outer
shell, GAMBAR OUTER SHELL
PEMERIKSAAN
ü MENGUKUR
RUN OUT PADA PISTON ROD, HASIL = PISTON ROD MASIH DALAM KEADAAN BAGUS
KEOLENGAN MASIH PADA ANGKA 0,03 mm
ü MENGUKUR
DIAMETER LUAR PISTON, GUNAKAN MICROMETER, HASIL PENGUKURAN = 19,96 mm
PEMASANGAN
π
Masukanlah
piston rod ke dalam silinder
π
Pasangkan
silinder dan piston pada outer shell
π
Isilah
silinder oleh shock absorber fluida
π
Pasangkan
o ring
π
Keraskan
oil seal assembly
π
Pasangkan
pegas coil, dust cover, bump rubber, spacer, spring seat pada strut.
π
Pasangkan
strut insulator.
TERIMA
KASIH.....
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking