Sondag 10 Maart 2013

PEGAS MACPERSON


Pegas MacPERSON
TUJUAN
1.     Siswa dapat menganalisa kerusakan pada system SUSPENSI
2.    Siswa dapat mengetahui cara kerja SUSPENSI
3.    Siswa dapat mengetahui komponen pada system SUSPENSI
4.    Siswa dapat menggunakan alat ukur dengan baik dan benar
5.    Siswa dapat memperbaiki kerusakan pada system SUSPENSI
 
PENGERTIAN & RAGAM
 
Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi yaitu :
  1. Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid)
  2. Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas.
  3. Sistem suspensi macperson

 
Sistem suspensi Independen
Roda dalam satu poros dihubungkan dengan poros kaku (rigid), poros kaku tersebut dihubungkan ke bodi dengan menggunakan pegas, peredam kejut dan lengan kontrol (control arm)
Awalnya semua kendaraan menggunakan sistem ini. Sampai sekarang sebagian besar kendaraan berat seperti truck, masih menggunakan sistem ini, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda belakang.
Antara roda dalam satu poros tidak terhubung secara langsung, masing-masing roda (roda kiri dan kanan) terhubung ke bodi atau rangka dengan lengan suspensi (suspension arm), pegas dan peredam kejut. Goncangan atau getaran pada salah satu roda tidak memengaruhi roda yang lain.
Umumnya kendaraan penumpang menggunakan sistem ini pada semua poros rodanya, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda depan sedangkan pada poros roda belakang menggunakan sistem suspensi dependen pada poros roda belakang. Tipe MacPherson strut dan double-wishbone termasuk dalam jenis sistem ini.
KOMPONEN
Pegas
Dengan sifat pegas yang elastis, pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan roda akibat dari kondisi jalan yang dilalui dengan tujuan agar getaran atau goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan. Biasanya shock absorber hanya memiliki seal dan membutuhkan oli untuk bekerjanya, dan rangka asli dari pegas ialah besi elastis
Beberapa tipe pegas yang digunakan pada sistem suspensi :
  • Pegas ulir (coil spring), dikenal juga dengan nama 'per keong', jenis yang digunakan adalah pegas ulir tekan atau pegas ulir untuk menerima beban tekan.
  • Pegas Mac person merupakan pegas yang memiiliki struktur besar, pada umumnya pegas ini dapat dibongkar untuk diperbaiki.
  • Pegas daun (leaf spring), umumnya digunakan pada kendaraan berat atau niaga dengan sistem suspensi dependen.
  • Pegas puntir atau dikenal dengan nama pegas batang torsi (torsion bar spring), umumnya digunakan pada kendaraan dengan beban tidak terlalu berat.
Peredam kejut
Peredam kejut berfungsi untuk meredam beban kejut atau goncangan atau getaran yang diterima pegas.
Lengan suspensi
Lengan suspensi atau suspension arm hanya terdapat pada sistem suspensi dependen, terpasang pada bodi atau rangka kendaraan, berfungsi untuk memegang rangka roda kendaraan. Pergerakan yang komplek pada roda agar dapat sinkron dengan pergerakan pergerakan lengan suspensi maka terdapat ball joint pada pengikatan lengan suspensi dengan rangka roda.
ALAT DAN BAHAN
Pada saat melakukan pembongkaran system kopling kita wajib menguasai bahan serta mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan pembongkaran, alat yang digunakan dalam membongkar kopling sebagai berikut:
®        TOOL SHEET
®        MICROMETER
®        DIAL GAUGE
®        MAJUN
®        JANGKA SORONG
®        WADAH
®        OLI
®        GREESE
®        SST PENGEPRESS PEGAS
KESELAMATAN KERJA
  • Perhatikan sebelum pembongkaran dan jangan lupa memberi tanda pembongkaran
  • Gunakanlah selalu pakaian praktek saat melakukan pekerjaan
  • Gunakanlah alat sesuai dengan fungsinya
  • Letakanlah komponen di tempat yang aman
  • Rapikanlah selalu tempat kerja
  • Serius dan berhati hatilah dalam bekerja
LANGKAH KERJA

PEMBONGKARAN
Yang dilakukan pada saat praktek adalah pembongakran pegas macperson yang sudah terlepas terlebih dulu dari cabin mobil, maka saya akan melanjutkan pembngkaran, pemeriksaaan dan pemasangannya, Pembongkaran pegas yaitu
o   Untuk membongkar pegas, pertama tekan coil spring
o   Keluarkan upper dust cover dari insulator
o   Lepaskan self locking nut
o   Keluarkan insulator, spring seat, spacer, bump stopper, dust cover, dancoil spring dari strut, gambar dibawah (INSULATOR)
           
 o   Lepaskan oil assembly, keadaan oil assembly, MASIH BAGUS
          
o   Keluarkan shock absorber fluid
o   Lepaskan o ring

o   Tarik piston perlahan lahan

o   Lepaskan piston guide dari piston rod, MASIH BAGUS
o   Lepaskan silinder dari strut outer shell, GAMBAR OUTER SHELL

PEMERIKSAAN
ü  MENGUKUR RUN OUT PADA PISTON ROD, HASIL = PISTON ROD MASIH DALAM KEADAAN BAGUS KEOLENGAN MASIH PADA ANGKA 0,03 mm

ü  MENGUKUR DIAMETER LUAR PISTON, GUNAKAN MICROMETER, HASIL PENGUKURAN = 19,96 mm


PEMASANGAN
π        Masukanlah piston rod ke dalam silinder

π        Pasangkan silinder dan piston pada outer shell

π        Isilah silinder oleh shock absorber fluida
π        Pasangkan o ring
π        Keraskan oil seal assembly

π        Pasangkan pegas coil, dust cover, bump rubber, spacer, spring seat pada strut.
π        Pasangkan strut insulator.
TERIMA KASIH.....

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking